Aveneu Park, Starling, Australia

Email Us

info@yourdomain.com

Call Us

+01 3434320324

Find Us

234 Littleton Street

Big Ben , Landmark Berupa Menara Jam Dari Kota London

Big Ben adalah sebutan untuk Elizabeth Tower , menara jam yang kini telah menjadi landmark kota London dan negara Inggris. Menara ini terletak di ujung jembatan Westminster Bridge , London , dan merupakan bagian ujung sebelah timur dari Palace Of Westminster atau kini yang dikenal dengan sebutan House Of Parliament.

Menjadi landmark kota London , tentu banyak yang menganggap bahwa Big Ben adalah tempat wisata terpopuler di London. Terbukti tempat ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisawatan , baik itu dari lokal ataupun mancanegara.

Jika kalian berencana untuk mengunjungi tempat ini , kami sarankan untuk mengunjungi Big Ben ketika mendekati pergantian tahun. Yap , sebab ini telah dijadikan sebagai pusah pergantian tahun setiap tahunnya oleh para warga Inggris.

Sejarah Big Ben

Big Ben telah dibangun sejak tahun 1858 sebagai bagian dari rekontruksi Palace of Westminster setelah dilanda kebakaran yang dahsyat di tahun 1834. Menara ini dibangun oleh seorang arsitektur gothic style berkebangsaan Inggris bernama Augustus Pugin.

Menara ini berwarna abu abu dengan mengusung gaya arsitektur gothic revival yang merupakan gaya aristektur yang sangat populer di abad 18 hingga 19. Tak hanya menara Big Ben saja , namun arsitektur gothic ini juga terlihat di beberapa bangunan bersejarah di United Kingdom lainnya , baik itu berupa kastil , universitas , gereja dan lain sebagainya.

Big Ben adalah nama yang diberikan kepada lonceng besar yang berada di dalam menara jam yang berada di Istana Westminster, Kota London, Inggris. Masyarakat Inggris menyebutnya sebagai “the clock tower” atau menara jam saja.

Memasuki masa pemerintahan ke-60 Ratu Elizabet II di tahun 2012 lalu , nama menara ini berubah menjadi Elizabeth Tower sebagai bentuk penghargaan untuk sang ratu.

Bingkai di sekeliling jam berwarna kekuningan karena disepuh dengan emas. Di bagian bawah masing masing jam , terdapat tulisan dalam bahasa latin yang berbunyi “Domine salvam fac reginam nostrum vicotriam primam”. Bahasa latin ini memiliki arti “Ya Tuhan jagalah ratu kita Victoria yang pertama”.

Walaupun menara ini sudah memiliki umur yang sangat tua , namun jam ini tidak perlu diragukan lagi keakurasiannya. Bahkan ketika Perang Dunia II berlangsung , jam ini tetap berdentang tepat pada waktunya meskipun bangunan di sampingnya , House Of Commons , sedang mengalami pengeboman.

Namun sangat disayangkan , bagi dalam Big Ben tidak dibuka untuk wisatawan mancanegara. Warga lokal bisa masuk ke dalam menara dengan mengatur lebih dulu kunjungan dengan House Of Parliament. Mereka setidak harus menaiki sekitar 334 anak tangga untuk sampai ke puncaknya tanpa adanya lift.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *